G samdani forex


Bisnis Sukses di Pakistan Apakah Anda mencari bisnis yang sukses di Pakistan Jika jawaban Anda adalah ya (Tentu saja) Anda terus membaca halaman ini dan ikuti instruksinya untuk mengejar karir yang sukses dengan kepemilikan Anda. Bisnis berarti organisasi atau perusahaan yang memproduksi, memproduksi dan menukar barang dan jasa untuk mendapatkan keuntungan. Tujuan utama dan utama bisnis adalah hanya untuk mendapatkan keuntungan dan menghindari kerugian. Sementara seorang pengusaha adalah orang yang berinvestasi menjalankan bisnisnya, dia juga bertanggung jawab atas setiap aktivitas yang terjadi dalam bisnis ini. Dia menikmati keuntungan sekaligus menanggung kerugian juga. Jadi, kapan pun seseorang berpikir untuk memulai bisnis sendiri harus diingat bahwa ia telah praktis bekerja di bidang hubungan atau magang di suatu tempat. Pengusaha harus benar-benar terbiasa dengan semua tindakan yang mungkin terjadi dalam bisnis ini. Pakistan adalah negara berkembang yang membuat kemajuan dalam setiap bidang kehidupan sekarang. Ada persaingan besar di setiap bidang dan satu yang sempurna hanya mengarah pada orang lain. Teruslah membaca untuk mendapatkan ide terbaru untuk Bisnis yang sukses di Pakistan. Bisnis Sukses di Institut Pendidikan Pakistan Jika kualifikasi Anda bagus dan Anda memiliki cukup pengalaman untuk mengajar maka membuat sebuah institusi pendidikan seperti Sekolah, akademi, perguruan tinggi, atau universitas adalah pilihan terbaik bagi Anda untuk menjalankan bisnis Anda sendiri. Apalagi kalau kualifikasi Anda tidak sesuai tapi Anda punya investasi untuk mempekerjakan guru maka Anda juga bisa menjalankan bisnis ini. Bisnis ini merupakan sumber penghasilan yang bagus karena sekarang ini hampir setiap orang sangat menyadari pentingnya studi dan dia lebih memilih anaknya untuk mengaku di sekolah yang baik dimana ada pendidikan berkualitas di bawah lingkungan yang aman. Call Center Todays pria menjadi sangat malas dan lebih suka memanfaatkan segala sesuatu di depan pintunya. Itulah mengapa tren penjualan online dan pembelian berkembang pesat di Pakistan dan juga di seluruh dunia. Kami menggunakan banyak layanan di mana salah satu yang paling berguna adalah perusahaan jaringan ponsel kami. Kapan pun kami merasa meminta sesuatu yang berkaitan dengan masalah apa pun terhadap layanan yang kami sebut mereka alih-alih pergi ke waralaba. Jadi semua jenis tugas ini dipegang oleh call center. Kita bisa memvisualisasikan bagaimana bisnis ini sukses di Pakistan. Ingatlah bahwa Anda harus mendapatkan surat izin dari pemerintah sekarang untuk menjalankan call center hukum di Pakistan. Fashion dan Butik Semua orang adalah korban mode dan orang yang mengenalkan tren dan mode baru dalam mengenakan, pakaian, aksesoris, sepatu atau desain terkenal dan produktif sesuai dengan tuntutannya. Perancang menjalankan butik mereka sendiri dan memberikan desain dan kreativitas mereka dan menghasilkan pendapatan yang bagus. Bisnis ini lebih cocok untuk anak perempuan akhir-akhir ini karena di kalangan wanita perhatian terhadap mode dan pendatang baru lebih banyak daripada mans mana-mana. Untuk memulai bisnis ini Anda hanya perlu memiliki pengetahuan kreatif dan tepat dalam diploma fashion dan butik. Hal ini karena medan ini telah begitu luas sekarang tanpa pengalaman dan latihan yang baik, Anda dapat bertahan di pasar sampai Anda menghadirkan mode dan tren baru. Hotel Fast Food Bisnis yang selalu diuntungkan adalah restoran hotel atau fast food. Ini adalah empat musim bisnis dan orang-orang selalu datang untuk mencoba apa yang Anda melayani mereka. Tapi tetap jaga kualitas Anda dan berikan lingkungan yang bersih bagi pengunjung sehingga bisnis Anda bisa berkembang. Jadi jika Anda tertarik untuk mengikuti bisnis ini maka Anda juga harus terbiasa dengan kebutuhan dan perbuatan bisnis ini. Transportasi Transportasi adalah bisnis serbaguna dimana-mana karena mulai dari riksha dan Anda bisa mendirikan perusahaan angkutan sampah lokal Anda. Untuk bisnis ini Anda tidak perlu banyak melek huruf tapi yang dibutuhkan hanya investasi saja. Di Pakistan ini juga merupakan bisnis yang sukses yaitu investasi rendah dan sumber penghasilan yang besar. Ada berbagai perusahaan transportasi lokal dan pemerintah di Pakistan yang menyediakan fasilitas nyaman yang dapat membangun karir Anda dengan cara terbaik. Ada banyak bisnis sukses lainnya di Pakistan yang sedang berjalan seperti transaksi real estat, pembelian dan perbaikan Penjualan Mobile, Komputer, Manufaktur, Perancangan dan Pembangun Tekstil. Tapi dalam bisnis apa pun Anda harus terkenal dengan kebutuhan pasar dan tren terbaru apa yang akan terjadi untuk apa yang orang inginkan. Jangan pernah memulai bisnis di mana Anda tidak memiliki pengalaman. Comment navigation Hai, saya membaca komentar Anda tentang memulai bisnis forex, saya mengenal beberapa teman dekat dan kerabat mereka memulai bisnis ini namun karena laju inflasi saat ini meningkat di rumah, mereka mendapat kerugian besar di dalamnya. Saya tidak ingin menakut-nakuti Anda tapi untuk memulai bisnis dengan langkah berani. Bisnis semacam itu bisa berkembang lebih jauh bila Anda siap menanamkan investasi di dalamnya namun rasio keuntungannya mimimal. Saya sarankan Anda untuk memasukkan cadangan dan uang Anda ke bisnis konstruksi yang tidak memerlukan banyak usaha dari Anda jika Anda memberi beberapa jam sehari di atasnya karena Anda hanya fokus pada pekerjaan dan materi. Bisnis yang memberi Anda 30 kelebihan margin adalah konstruksi dan restoran dimana Margin Bruto meningkat menjadi 45 plus, sedangkan pada margin industri lainnya devaluasi mata uangnya rendah. Im di london im melakukan ACCA. girls dapat membuka pusat beautipalar dan tusion. And anak laki-laki dapat membuka toko ponsel. Dan jika cahaya akan kembali di pakistan anak laki-laki dapat membuka kafe. boys bersih dapat membuka toko-toko olahraga. boys dapat mendorong chingchi. boys dapat membeli dan Drive carry, toyota, mobil untuk business. Boys bisa membuka toko makanan seperti chaat shops atau samose pakora atau food. boys lainnya bisa membuka toko garmite dll. Tahun depan saya akan datang pakistan. And saya akan memulai bisnis sendiri. Champoo dia tu jadinya, pria LONDON betha hai atau baatain teri samosa pakora wali hen, atau bol raha hai b pakistan aa kar apna bisnis karunga, ke bhai ACCA aloo chaat banaanay k liye kar rahay ho kya mereka adalah domain besar dan informasi masif adalah Tersedia di internet8230 Jadi apa yang ingin Anda lakukan adalah pilihan Anda. Lakukan sesuatu yang Anda sukai dan Anda mengumpulkan sebanyak mungkin informasi. Tidak ada uang adalah alasan. Lakukan sesuatu yang Anda punya uang atau kumpulkan yang dengannya Anda dapat memulai sesuatu8230 tidak pernah merencanakan sesuatu dengan investasi besar 8230 Merencanakan dengan sesuatu yang dalam kasus terburuk jika Anda kehilangannya Anda masih dapat bertahan hidup. Bagaimanapun, saya menyarankan untuk bekerja sedikit di daerah yang Anda minati untuk melakukan bisnis. Ini akan membantu Anda memahami sistem dan begitu Anda sudah familiar dengannya, maka Anda bisa melakukannya sendiri. Pikiran itu jika Anda tidak bisa bekerja di daerah Anda tertarik untuk berbisnis. Anda bersiap-siap untuk sebuah kegagalan8230 Selalu mendapatkan tujuan dan bekerja untuk itu. Uang tidak akan mengikuti Anda. Mereka adalah prinsip hidup tertentu. Pergi dengan itu dan Anda akan mendapatkan pahala8230 mereka bukanlah jalan pintas dalam kehidupan8230 hal-hal memerlukan waktu untuk menyelesaikannya pada saat Anda menanam benih yang tidak memberi Anda buah pada hari berikutnya8230 Siklus mereka jadi ingatlah bahwa dalam pikiran tidak memikirkan atau memperkirakan hal8230 proses pemerintah Dan prosedur rumit di mana-mana 8230 jadi berhentilah menyalahkan negaramu8230 Cintai negaramu. Cintai orangmu Lakukan sesuatu untuk kemajuan orang lain dan Anda akan melihat imbalannya. Beberapa kali imbalan adalah uang sementara beberapa kali dalam bentuk lain. Jadi kerja keras melakukan bisnis yang rapi dan sukses akan menjadi milikmu .. id yang baik mengatakan hald dari apa yang kamu tulis itu benar. Salah satu daerah yang disebutkan di atas dapat dikemukakan asalkan Anda menaruh jiwa Anda di dalamnya. Seiring seseorang menyebutkan bahwa transportasi adalah pemborosan waktu yang salah temanku: Anda tidak tahu seberapa besar keuntungan yang bisa diraih. Anda selalu dapat membuka konsultasi, biro perjalanan (klien yang Anda pegang menunjukkan investasi ur: jika mereka dekat, mereka mungkin bekerja dengan kredit, Anda tidak memerlukan IATA untuk memulai, hanya beberapa tahun kerja stabil dan Anda akan membangun sebuah ibukota keturunan Dengan demikian, Anda dapat mengatur keanggotaan IATA), ada banyak jenis dan ukuran bisnis. Dapatkan kertas dan pulpen, tuliskan gagasan dan lakukan yang terbaik yang bisa Anda lakukan. Pengetahuan adalah kuncinya, jika Anda memiliki pengetahuan tentang area tertentu, Anda selalu dapat memikirkan untuk mengubahnya menjadi produktif dan ingat, pengalaman adalah pengetahuan. Waspadalah terhadap komentar, jika Anda BBA atau MBA dan Anda berpikir bahwa Anda bisa berbisnis, lupakan saja pasangannya. Administrasi buiseness tidak mengajarkan Anda bisnis, itu hanya membuka pikiran Anda, memungkinkan Anda untuk berpikir di luar kotak. Intinya, ANDA yang bisa melakukannya dan gelar Anda tidak ada hubungannya dengan itu. Saya menjalankan bisnis yang sangat stabil. Saya memulai ACCA dan sementara itu memulai pekerjaan, setelah setahun saya membuka bisnis saya, dan tebak apa yang saya kelola ketiganya. Jadi Anda tempramen memutuskan menempel pada pikiran dan hati Anda. Seseorang bisa melakukan apapun hanya jika Anda suka melakukannya. Hai 4nds sebenarnya kita semua memiliki sejumlah kecil uang dan kita tidak menggunakannya dalam bisnis apapun karena ketakutan yang berbeda. Dan kita semua juga ingin mencari bisnis yang paling menguntungkan dan menabung bisnis (berarti yang tidak memiliki risiko) saya rasa mungkin tidak ada satu bisnis pun dalam kata yang merupakan bisnis bebas risiko. Bisnis sebenarnya adalah nama lain dari risiko. Jadi jangan pernah takut berbisnis. Cari dan mulai Saat ini saya tinggal di london dan telah membaca artikel ini. Informasi yang sangat konstruktif juga ada disana. Meski uang memainkan peran penting dalam bisnis namun ada beberapa elemen lainnya juga. Kita muslim percaya bahwa ada kekuatan ilahi yang mengendalikan segala hal. Dia sangat kuat, saya telah membaca di Quran bahwa ALLAH-nya yang memberi keuntungan dan siapa yang memberi Anda kehilangan dan terserah kepadanya (ALLAH) kepada siapa dia memberkati dan kepada siapa dia mengabaikannya. Dan di tempat lain di QURAn saya telah membaca bahwa berbisnis dengan jujur ​​dan percaya kepada ALLAH dan ALLAH akan memberkati anda dengan keuntungan. Jadi percayalah ALLAH melihat jauh ke pasar dan mengambil keputusan dan pergi untuk bisnis InShallah kamu akan sukses. Semuanya baik-baik saja karena saya telah membaca artikel Anda, tapi ketika berbicara tentang bisnis transportasi, saya akan mengatakan bahwa ini hanyalah investasi terbuang sia-sia dalam bisnis ini karena kebijakan buruk pemerintah mengenai sektor transportasi, pemerintah menetapkan harga wajar dan subsidi yang menjanjikan. Untuk pengangkut tetapi mereka tidak memberikan sesuatu untuk transporter jadi yang benar-benar waktu terburuk untuk sektor ini. Komentar navigasiAnalisis Industri Semen Pakistan 8211 Sebuah Laporan Industri Semen Pakistan Analisis Industri Semen Pakistan 8211 Laporan Industri semen merupakan salah satu dari sedikit industri yang ada di Pakistan sebelum partisi sub-benua. Alasan utama keberadaan industri ini adalah tersedianya bahan baku. Pakistan memiliki cadangan kapur dan tanah liat yang tak ada habisnya, yang dapat mendukung industri ini selama 50-60 tahun lagi. Produksi semen tahunan pada saat penciptaan Pakistan hanya 300.000 ton per tahun. Pada tahun 1954 produksi meningkat menjadi 660000 ton per tahun terhadap permintaan 1000000 ton per tahun. Saat ini PIDC berinisiatif dan mendirikan dua pabrik semen Zealpak (240.000 ton) dan Maple Leaf (100.000 ton) berkapasitas 340000 ton, sehingga meningkatkan produksinya menjadi 1000000 ton per tahun. Sejak itu selain perluasan tanaman yang ada, tanaman baru juga sudah mapan. Selain memproduksi OPC, industri semen Pakistan juga mulai memproduksi SRC, semen Slag dan semen putih. Pada tahun 1921 pabrik semen pertama didirikan di WAH. Pada saat merdeka pada tahun 1947 ada empat pabrik semen dengan kapasitas terpasang 470.000 ton per tahun. Unit-unit ini berlokasi di Karachi, Rohri, Dandot dan WAH. Pada tahun 1956 PIDC mendirikan dua pabrik di Daudkel dan Hyderabad dan selanjutnya lebih banyak pabrik didirikan di sektor swasta. Industri ini dinasionalisasi pada tahun 1972 dan State Cement Corporation of Pakistan (SCCP) didirikan setelah Orde Reformasi Ekonomi, 1972. Sebagai hasil dari nasionalisasi, sebanyak 10 unit semen dengan kapasitas terpasang 2,8 juta ton per tahun telah dipindahkan. Ke SCCP Pengendalian harga yang efektif juga dilakukan dengan SCCP dan untuk waktu yang lama industri beroperasi di bawah rezim peraturan ketat dan pengendalian harga. Sementara industri semen bekerja di bawah kontrol negara, SCCP membentuk lima unit baru dengan kapasitas terpasang 1,8 juta ton per tahun. Selama lima belas tahun ke depan tidak ada pabrik semen baru yang didirikan di bawah sektor swasta, yang mengakibatkan kekurangan semen akut pada akhir 70an dan awal tahun 80an. Kesenjangan ini dipenuhi oleh impor semen. Kekurangan semen dan deregulasi harga yang parah mendorong sektor swasta untuk membangun lebih banyak tanaman. Tujuh unit didirikan di sektor swasta sebelum dimulainya proses privatisasi pada tahun 1991. Selama rezim Nawaz Sharif, industri mengalami transformasi besar. Sebagai bagian dari kebijakan privatisasi, Pemerintah Pakistan telah memprivatisasi 8 pabrik semen sejak tahun 1992. Karena privatisasi, SCCP kehilangan kontrol atas harga semen dan sebagai hasilnya pabrik semen baru didirikan di bawah sektor swasta. Unit yang bekerja di bawah kendali SCCP sudah tua dan tidak efisien dengan menggunakan proses basah sedangkan unit yang didirikan di sektor swasta baru, efisien dan menggunakan proses kering. Saat ini ada lebih dari 28 pabrik semen di Pakistan dengan kapasitas terpasang lebih dari 19,5 juta ton per tahun. Permintaan semen saat ini di Pakistan sekitar 9,5 juta ton per tahun. Pakistan adalah negara yang kaya akan endapan batu kapur, serpih dan gypsum, yang merupakan bahan utama pembuatan semen. Biaya penambangan untuk deposit ini hanya sekitar Rs. 100 per ton atau sekitar 6 dari total biaya produksi. Jadi semen merupakan produk bernilai tambah tinggi dan harus dianggap penting. Komposisi kimia semen adalah sebagai berikut: Pembuatan semen abu-abu terdiri dari sekitar 73 batu gamping dan 25 tanah liat. Jumlah gypsum yang ditambahkan ke klinker dapat diambil pada 4. Sekitar 1,23 nada batu kapur, 0,31 ton lempung dan 0,04 ton gips diperlukan untuk menghasilkan satu nada semen. Dalam kasus pembakaran kiln gas sekitar 50000 sampai 60000 kaki kubik gas diperlukan satu ton semen. Untuk produksi semen terak, terak blast furnace juga digunakan dan untuk produksi pasir semen tahan sulfat dan bijih besi juga digunakan. Lima jenis semen yang diproduksi di Pakistan adalah Semen Slop Semen Biasa (OPC). Semen Sulfat Resistant Semen (SRC) Super Sulphate Resistant Semen (SSRC) Semen Putih. Proses pembuatannya bisa berupa salah satu dari 3 jenis: Wet Process sebagai metode manufaktur yang sudah usang karena pemanasan tungau yang buruk dan kebutuhan air yang besar. Proses Semi-Wet tidak populer karena tingginya tingkat konsumsi bahan bakar dan energi dan cocok untuk bahan dengan elastisitas ekstrim. Cukup usang. Proses Kering cocok untuk bahan dengan kadar air rendah. Penggunaan bahan bakar rendah dibandingkan dengan proses basah, kurang persyaratan perawatan, efisiensi kiln lebih tinggi karena fasilitas pemanasan awal dan biaya pemasangan dan perawatan kiln yang rendah. Dua metode utama pembuatan semen menonjol, proses kering dan proses basah. Proses kering sekarang hampir menggantikan proses basah karena proses basah mengkonsumsi energi panas tinggi untuk pengeringan kelembaban. Dalam proses kering batu merupakan bahan baku utama, langkah pertama setelah penggalian adalah penghancuran utama. Pegunungan batu diberi makan melalui penghancur yang mampu menangani potongan-potongan besar seperti drum minyak. Perombakan pertama mengurangi batuan sampai ukuran maksimum sekitar 6 inci. Batu itu kemudian menuju penghancur sekunder atau pabrik palu untuk reduksi sekitar 3 inci atau lebih kecil. Hal ini kemudian digiling dalam ball mill menjadi bubuk halus dengan bahan lain seperti mineral tanah liat atau bauksit untuk menciptakan kombinasi nilai silicaaluminalime dan lain-lain dalam campuran. Bubuk bubuk kemudian dikirim ke silo pencampur untuk pencampuran komponen seragam yang ditambahkan selama tahap penggilingan. Bahan campuran ini diberi makan ke kalkiner preheater. Preheater adalah sekelompok siklon yang ditempatkan di atas satu sama lain dimana material turun dan gas panas naik untuk memanaskan material dan mengkalsinasinya dalam proses pembuatannya. Satu-satunya perbedaan antara proses kering dan proses basah adalah bahwa pada kemudian bahan baku yang hancur ditumbuk dengan air untuk membentuk bubur. Bubur ini kemudian disaring dan dipompa ke kiln dan sisa prosesnya persis sama dengan proses kering. Spesifikasi standar Inggris 12 diikuti di Pakistan. Untuk waktu pemasangan semen berkualitas baik sebaiknya tidak kurang dari 45 menit dan waktu setting akhir tidak boleh lebih dari 10 jam, semua pabrik semen yang ada di Pakistan memenuhi kriteria kualitas ini. Proses yang digunakan memiliki dampak besar pada struktur biaya perusahaan. Menggunakan bentuk teknologi lama dan ketinggalan zaman tidak hanya mempengaruhi kualitas keseluruhan produk akhir namun menghasilkan biaya perawatan yang lebih tinggi, penggantian suku cadang dan lain-lain dan hasilnya adalah harga yang kurang kompetitif baik di pasar domestik maupun luar negeri. Kita dapat melihat bahwa semen India dijual dengan harga lebih rendah karena mereka dapat mengurangi biaya produksi mereka. Hal ini dilakukan dengan menurunkan biaya energi melalui mengandalkan batubara daripada minyak tungku untuk menjalankan dan mengoperasikan prosesnya. Para pemain kunci di industri ini, yang mencapai angka miliaran rupee (dalam penjualan) pada tahun 1998, tercantum di bawah ini: Nama Penjualan Perusahaan (dalam miliaran Rupee) semen Fauji 1.401 D. G. Semen Khan 1.045 Semen Cherat 1.302 Semen Fecto 1.098 Semen Dadabhoy 1.000 Pasar semen di Pakistan terbagi menjadi dua zona: zona Utara dan zona selatan. Zona Utara termasuk Punjab, Azad Kashmir, N. W.F. P. Dan wilayah atas Baluchistan. Wilayah sisa Baluchistan dan seluruh Sindh merupakan zona Selatan. Secara historis, zona Utara menghadapi situasi di bawah pasokan sementara zona Selatan telah mengalami situasi over-supply. Permintaan zona Utara dulu dipenuhi oleh produksi zona Selatan. Setelah berdirinya pabrik baru terutama D. G. Semen (dengan kapasitas lebih dari 1 juta ton per tahun) Wilayah Utara juga menjadi hampir mandiri di semen, distribusi pabrik semen di provinsi tersebut didistribusikan di bawah industri semen sangat tidak merata di negara ini dengan perbedaan kapasitas yang sangat besar. Dan produksi seperti dapat dilihat pada tabel berikut. Jumlah tanaman kurang dari dua kali lipat di zona selatan dibandingkan dengan di utara tapi total produksi di wilayah terakhir hampir 3 kali lipat di daerah bekas. Bahkan kemudian semua unit mengenakan harga yang sama padahal kenyataannya teknologi, tata letak, rangkaian produk dan efisiensinya berbeda. Ini menyiratkan penyalahgunaan kekuatan kartel yang diberikan oleh APCMA. Saat ini KSE memiliki 21 perusahaan di sektor semen dalam daftarnya. Total modal disetor perusahaan-perusahaan ini berdiri di Rs. 15,584 miliar dan nilai bersih di Rs. 24,947 miliar. Total penjualan perusahaan-perusahaan ini mencapai Rs. 14,589 miliar. Saat ini semua perusahaan menunjukkan kerugian. Menurut APCMA, industri secara keseluruhan mengalami kerugian sebesar Rs. 2,786 miliar selama enam bulan periode 1998-99 dibandingkan dengan Rs. 2,836 miliar periode 12 bulan tahun lalu. Perkembangan yang merugikan di sektor ini adalah kemerosotan dalam EPS. Total penjualan semua perusahaan semen mengalami penurunan dari Rs. 15379 juta di 95-96 sampai Rs. 13118 juta di 96-97. Akumulasi kerugian yang ditimbulkan oleh pabrik semen meningkat dari Rs 1026 miliar pada 96-97 menjadi Rs. 2,836 miliar pada 97-98. Kinerja sektor ini yang buruk terutama disebabkan oleh situasi kelebihan pasokan. Semua ini mengakibatkan kemerosotan indeks General harga saham semen seperti yang ditunjukkan di bawah Indeks Harga Saham Biasa (1990-91 sebagai tahun dasar) Tahun Harga saham Profitabilitas sektor ini selanjutnya dipengaruhi oleh kenaikan harga bahan bakar Dan bahan kemasan yang terdiri dari 70-80 dari total biaya produksi. Dalam anggaran terakhir, pajak penjualan terangkat dan bea cukai meningkat dari 35-40 dari harga eceran. Untuk memberikan dukungan kepada industri, pemerintah mengizinkan ekspor semen melalui laut membiarkan ditarik kembali dari 12,5. Izin untuk mengekspor 3 juta ton semen telah memberi beberapa pernapasan ke industri semen yang dilanda krisis. Situasi permintaan dan penawaran di industri semen telah miring sejak beberapa tahun terakhir. Sampai tahun 1996 ada kekurangan pasokan dibandingkan dengan permintaan, namun kemudian terjadi kekurangan permintaan yang konsisten karena unit baru didirikan, mengubah pasar penjual menjadi pasar pembeli. Permintaan semen telah tumbuh pada tingkat tetap 8 di wilayah utara sementara 4 di wilayah selatan. Cara pabrik baru didirikan dan pabrik yang ada melakukan ekspansi. Situasi permintaan dan penawaran pasti akan menciptakan surplus. Selama sepuluh tahun terakhir, konsumsi semen telah tumbuh tidak merata di dua segmen pemasaran. Laju industrialisasi, pembangunan infrastruktur dan urbanisasi di Korea Utara telah mendorong tingkat pertumbuhan 7-10 yang lebih tinggi di Utara dibandingkan dengan 4 di Selatan. 50 permintaan berasal dari perumahan swasta dan aktivitas real estat, sementara 40 berasal dari proyek infrastruktur pemerintah. Sektor industri menghasilkan sisa 10. Perumahan swasta dan aktivitas real estat melambat karena tingkat inflasi yang tinggi yang menyebabkan penghematan lebih rendah. Ini ditambah dengan praktik penipuan para pembangun dan pialang real estat telah menghancurkan kepercayaan publik. Mengingat minimnya dana pemerintah dan disparitas regional seputar proyek infrastruktur besar seperti proyek Ghazi Barotha, permintaan semen diperkirakan akan tetap rendah. Terutama pengeluaran pemerintah di sektor konstruksi mengalami penurunan sekitar 29. Krisis sektor semen saat ini pertama kali muncul pada tahun 1995. Sampai tahun 1992, pemerintah yang aktif mengendalikan sektor semen melalui State Cement Corporation telah melakukan investasi swasta di sektor ini ke minimum. Penjualan unit milik negara ini ke sektor swasta pada tahun 1992 menyebabkan deregulasi harga. Margin yang naik tersebut menarik investasi swasta yang baru, yang menghasilkan peningkatan kapasitas yang luar biasa dari 8,2 juta ton pada tahun 1992 menjadi 17 juta ton pada tahun 1998. Penambahan besar dalam kapasitas industri semen sangat bertanggung jawab atas perselisihan saat ini di sektor semen. Dari Pakistan Peningkatan kapasitas ini meningkatkan persaingan antara produsen, namun dengan meningkatnya biaya produksi, mereka tidak dapat mempertahankan persaingan mereka sendiri. Kenaikan biaya overhead tidak dapat lagi diberikan dalam industri yang ketat dan pada akhirnya industri dengan kapasitas berlebihan dan kerugian besar telah berhasil masuk ke dalam ekonomi Pakistan yang sudah bermasalah. Situasi semakin diperparah karena permintaan gagal tumbuh pada kecepatan yang sama dengan pertumbuhan pada saat dimulainya proyek semen baru. Perlambatan ekonomi telah menyebabkan penurunan pertumbuhan sektor perumahan, yang menyumbang sebagian besar dari total konsumsi. Masalahnya ditambah dengan turunnya belanja pemerintah. Akibat dari semua ini permintaan telah menurun selama beberapa tahun terakhir. Pasokan semen menjadi tidak terkendali dengan privatisasi unit pemerintah pada awal tahun sembilan puluhan. Permintaan semen sangat tinggi di tahun delapan puluhan dari sektor perumahan karena bentuk remitansi Teluk digunakan untuk membangun rumah oleh orang-orang Pakistan ekspatriat. Sekarang dengan skenario perubahan dari Teluk dan penurunan kecenderungan orang-orang Pakistan untuk berinvestasi di real estat mengubah tren, mengakibatkan penurunan permintaan semen yang serius. Kesalahan serius pada bagian manufaktur semen untuk secara akurat memperkirakan permintaan semen telah memukul keras pada manufaktur semen. Hasilnya adalah skenario sekarang dengan kelebihan kapasitas dan kurangnya permintaan. Permintaan semen sekarang meningkat dengan kecepatan yang jauh lebih lambat dari sebelumnya, sekarang pasokan semen di pasar dikendalikan oleh kartel asosiasi pembuat semen (APCMA). Sejak awal APCMA memutuskan harga semen yang akan ditawarkan kepada publik. Perbandingan permintaan dan penawaran semen selama ini ditunjukkan di bawah ini: Pasokan semen tidak melebihi permintaan semen dengan margin yang besar, namun kapasitas yang telah terpasang oleh industri semen jauh melebihi permintaan Semen Sebaliknya kapasitas semen kira-kira dua kali lipat maka permintaannya. Di atas dan di atas itu, profitabilitas industri telah terpukul keras oleh kenaikan biaya input, yang meliputi minyak tungku, kekuatan dan bahan kemasan. Ini merupakan sekitar 60 dari total biaya produksi, dimana produsen tidak dapat memberikannya kepada konsumen. Permintaan semen memiliki korelasi yang tinggi dengan PDB, koefisien korelasi yang ditemukan adalah 93. Faktor-faktor, yang dapat mengubah posisi surplus menjadi hampir seimbang antara permintaan dan penawaran, adalah: Tindakan APCMA untuk menghindari penurunan harga Keterlambatan dalam pelaksanaan Rencana penambahan dan perluasan Upaya untuk mengekspor semen Kenaikan permintaan jika pembangunan proyek berukuran mega besar dimulai. Industri semen sangat tidak merata di negara ini dengan perbedaan kapasitas dan produksi yang sangat besar seperti yang dapat dilihat pada tabel berikut. Jumlah tanaman di Zona Utara dua kali lipat jumlahnya di Zona Selatan. Dua tabel berikut akan memberi kapasitas efektif zonal, persentase utilisasi kapasitas, konsumsi dan kesenjangan yang terjadi antara permintaan dan penawaran di dua zona produksi. Ini menunjukkan skenario aktual dan perkiraan masa depan. Tabel ini memberikan kapasitas efektif unit operasi di sektor semen. ZONA UTARA (juta ton) Seperti yang dapat kita lihat dari tabel di atas di Zona Selatan, situasi pasokan surplus diperkirakan berlanjut selama 5 tahun ke depan. Selain itu utilisasi kapasitas diperkirakan tidak akan mencapai bahkan utilisasi kapasitas pembangkit yang kurang maksimal. Pertanyaan yang kemudian muncul adalah alasan mengapa proyek perluasan yang luas dan pembentukan pabrik baru bila kapasitas pabrik yang ada menciptakan situasi pasokan yang berlebihan sebelum mencapai tingkat produksi penuh. Alasannya terletak pada potensi ekspor yang meningkat untuk produsen semen dan mereka semua ingin meraih pangsa yang cukup besar sebelum pesaing mereka melakukannya. Sesuai dengan jumlah produksi yang tersedia, total produksi semen selama tahun 97-98 sekitar 9,8 juta ton dibandingkan dengan produksi 9,5 juta ton pada tahun sebelumnya. Total kapasitas terpasang dari 28 unit semen di Pakistan mencapai sekitar 17,312 juta ton. Produksi sebenarnya dari unit-unit ini selama 98-99 adalah sekitar 10,3 juta ton. Proyek baru sedang dilakukan di sektor semen. Kapasitas proyek ini diperkirakan antara delapan sampai sembilan juta ton. Tanaman yang ada juga meningkatkan kapasitasnya, yang mencapai sekitar 4,030 juta ton. Dengan demikian total kapasitas proyek yang ada dan yang akan datang adalah sebagai berikut: KAPASITAS TANAMAN SEMEN Status Kapasitas (M. Tonnes) Tanaman yang ada 28 19.143 Ekspansi 8211 4.030 Proyek Baru 9 9.670 BUKU BIAYA INPUT Harga semen telah terlihat sangat tidak realistis. Tren selama dua tahun terakhir, dimana harga per kg semen telah meningkat sekitar Rs. 2. Harga tas 50 kg naik dari Rs. 140 pada bulan Oktober 1998 sampai Rs. 240 pada bulan Januari 1999. APCMA (Semua Asosiasi Pabrik Semen Pakistan) disahkan oleh Otoritas Pengawas Monopoli (MCA) untuk mengurangi kenaikan harga yang tidak masuk akal ini dan pemberitahuan menunjukkan hasilnya. Kenaikan harga oleh APCMA dipandang sebagai praktik monopoli. APCMA memiliki sudut pandang bahwa harga sebelumnya ditetapkan pada Rs. 140 tidak dibenarkan dengan cara apapun karena biaya yang terkait telah meningkat secara drastis sehingga operasi hampir tidak mungkin dilakukan dengan harga lama. Perdebatan berlanjut untuk sementara dan APCMA gagal menghasilkan penjelasan yang valid sehingga mendapatkan hukuman yang dijatuhkan kepadanya oleh MCA. Pemerintah Pakistan, bagaimanapun, menganggap APCMA sebagai titik yang valid dan meyakinkan mereka beberapa relaksasi dalam keprihatinan ini. Karena kenaikan harga yang drastis ini, sektor konstruksi sangat terpengaruh dan menolak sebagian besar operasinya. Asosiasi Pembangun dan Pengembang (ABAD) memprotes dan menuntut pemerintah untuk memotong harga kembali ke Rs. 140 per tas Mereka memperingatkan Rs. Investasi 1 miliar di sektor perumahan akan sia-sia jika masalah itu tidak segera teratasi. Sebagai dampak langsung dari perlambatan sektor konstruksi sekitar 3000 sampai 4000 warga sipil kehilangan pekerjaan. MCA akhirnya memberikan ceramah tentang masalah ini dan memerintahkan untuk memotong kembali harga asli Rs. Segera lenyap. Perintah tersebut, bagaimanapun, ditantang oleh APCMA di pengadilan hukum, dan karenanya tidak diamati. Pemerintah telah menawarkan beberapa insentif kepada manufaktur semen mengingat tuntutan mereka berlaku. MCA di sisi lain berpendapat bahwa harga input untuk manufaktur semen tidak meningkat setelah tahun 1997, dan karenanya tidak ada gunanya untuk menaikkan harga. Harga sekarang sekitar Rs. 228bag. Sebuah hubungan harga dengan biaya diberikan pada gambar. Pembuatan semen melibatkan beberapa bahan baku yang digunakan dalam proporsi yang berbeda. Bahan baku utama terdiri dari batu kapur, gypsum, silica dll. Setiap ton semen membutuhkan sekitar 1,7 ton batu kapur (80 per volume), gipsum, dan silika. Semua komponen bahan bakunya mudah didapat di Pakistan, oleh karena itu harganya murah. Bahan baku memiliki bagian yang sangat sepele dalam struktur biaya total dan oleh karena itu juga tidak banyak mempengaruhinya. Masukan lainnya termasuk bahan bakar (oil furnace), kemasan, power (listrik), dan biaya lainnya. Bagian utama dari biaya ini diklaim oleh bahan bakar, tenaga, dan kemasan, yaitu sekitar lebih dari 46 dari total biaya. Setiap fluktuasi harga ketiga input ini memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap semua biaya. Pecahnya biaya masukan yang berbeda dalam keseluruhan struktur biaya kantong semen 50 kg diberikan di bawah ini. Pabrik semen menganjurkan poin mereka berdasarkan kenaikan harga input. Menurut APCMA, kenaikan harga semen disebabkan oleh kejadian berikut: 90 kenaikan harga minyak tungku selama 96 Februari sampai 97 Februari 85 kenaikan biaya listrik selama 94 Juli sampai 97 Juli, kenaikan harga kantong kertas selama bulan November , 1994 to December 1997 A 128 increase in excise duties over July 1992 to June 1997. Furnace oil prices rose by 112 in 1997 as the government decided to annex furnace oil prices to international oil prices such that they came to about Rs.6297 in 1997 from Rs.3900 in 1995. But when the price of furnace oil in the international markets fell to 12 from 20 the local prices were not adjusted to accommodate this change. At present furnace oil prices should fall in the range of Rs.3000 per ton in Pakistan. Thus, furnace oil is available locally at double the prices in the foreign markets. In turn, the average impact of the rise in furnace oil prices works out to be around Rs.17 per bag. Sensitivity analysis shows that a five - percent increase in furnace oil prices results in one percent decline in gross margins. The fuel and power claim the major part of the total cost of cement manufacturing. The major standpoint of APCMA for their price increase is an increase in the prices of furnace oil. The following is and evaluation showing how the price changes of these inputs impact the total cost and price of cement. Total cost 50 kg of Cement(In Rupees) age of Total Cost 10 Increase in Price Adds to Cost(In Rupees) Total Cost after Price Change(Rs.) One proposition as a cost cutting measure given by APCMA is that if the government allows direct imports of furnace oil by the manufacturer and index governments supply of furnace oil with international prices. The excise duty on ex-factory rate instead of retail, the prices of cement could be cut back. If this proposition is considered the prices of furnace oil could be reduced from Rs. 45 per liter to almost half the price. When the hasty privatization in the 1991-92 was initiated, it was stated that the privatization would benefit the common man as it was thought to be the panacea for all economic ills in the public sector. The clich-ridden privatization policy was based on the principle of competition, deregulation and liberalization. Consumers were amazed when the results started surfacing. Prices of all commodities went up, the massive layoff of employees in the name of Golden Handshake and bad business practices emerged as the governing principle of the newly privatized units. The cement industry is also a victim of the newly enacted privatization strategy. The prices of the cement went up from Rs. 85 per bag to Rs. 235 per bag, without an plausible justification of cost and benefit. The social cost was far more than the economic cost. The rhetoric of the broad based ownership has proved abortive as the ex-production minister Mr. Islam Nabi, at some point disclosed that the government had handed over six to a particular group. The Association of Builders and Developers (ABAD) and Monopoly Control Authority (MCA) has also joined the popular criticism about concentration of ownership and misuse of cartel power. There are in all 28 cement units in the country with an installed capacity of approximately 17.3 million tonnes production. Out of these units only four units with merely 1.8 million tonnes are now in the public sector while a majority of the installed capacity is concentrated in the 20 privately owned cement plants. The installed capacity is far more than the current national demand. The oligopolistic behavior of the cartel has contributed a lot in falling national demand along with some other factors like decline in public works program activities in the country. The depressed trend in the construction sector is evident from its falling sectorial share in the national output (GDP) which has decreased from 4.2 percent in 1992-93 to 3.6 percent in 1998-99. The growth in the construction sector has also declined from in the vicinity of 6 percent during 1990-91 to one and two percent during the period of 1993-94 to 1998-99 with an exception of 1995-96 when it recorded 3.25 percent growth. The poor growth of the construction sector is attributed mainly to two important factors, first the upward adjustment of cement prices and curtailment in the public sector development expenditure in recent times. The development expenditure of the federal government has fallen from 7.5 percent of the GDP in 1991-92 to 3.6 percent of the GDP in 1998-99. The public sector was a major consumer of cement. The cement industry attributes the high prices of cement to the governments imprudent policy regarding taxation and upward adjustment of furnace oil prices and electricity tariffs. The combined impact of electricity and furnace oil on cost of production is 47 percent. However, the MCA and ABAD have different views on the issue. According to the government the MCA has reduced the total tax incidence from 47.5 percent (35 percent CED 12.5 percent ST) to 40 percent excise duty in the Federal Budget 1997-98. There was a marginal increase in electrical charges in late 1997, which was far below than lowering of tax incidence. The furnace oil prices were also depressed in the market. The cement was being sold in the market at around Rs. 165 per bag until February 1998 but prices escalated to Rs. 240 Rs. 245 per bag in July 1988. The cartel, APCMA, in a report submitted to the Ministry of Commerce in May 1998, mentioned the total cost of production was Rs. 184.32, when adjusted with profit and transportation the prices rose to Rs. 228.50 per bag. On the other hand in an earlier report in June 1997, the APCMA had estimated the cost of production at Rs. 136 per bag and adjusted it with profit and transportation at Rs. 170 per bag. The MCA and ABAD have also worked out different cost structures. A comparison of cost of production from different sources are given in the table: The fluctuation of the cost in visible inputs hardly supported the logic for price hike. The furnace oil prices fell sharply during 1998, which moved up to attain prices of 1996 and 1997. If we include recent rise (of December 10, 1999) in the furnace oil prices, the total rise hardly exceeds 10 percent over peak prices prevalent during 1996 and 1997. The same is the case with electricity, whose prices remained stagnant during the period February 1997 and March 1998. A ten percent rise in March 1998 could hardly justify the case for 35 percent upward adjustment in cement prices. The arbitrary increase Rs. 40 to Rs. 50 per bag by cement manufacturers in February 1998 had laid the foundation for the slowdown of the construction activity in Pakistan. A close look at the table would reveal that the cost structure data is manipulated by the APCMA, otherwise, the on ground realities depict a different picture of upward adjustment of input cost. The cost data provided by the ABAD and MCA may be termed as biased by the cement cartel, even then, the prices of cement could not be justified beyond Rs. 200 per bag. Another very disappointing aspect of exorbitant profiteering in the industry is that the cement industry is unevenly distributed in various regions of the country. Different units use different technologies and different units have different plants of different ages with different efficiencies. But irony is that all units charge almost similar prices across the country, which implies misuse of cartel power. Another valid principle of the market economy based on competition is when market is depressed, prices move downwards, but in the case of cement the reverse has happened. The cement industry is working under capacity and there is scope for full capacity utilization at affordable prices. But the thrust for extraction of exorbitant profits dominates the principle of fair play. The forces of exploitation and greed determine prices in Pakistani markets rather than market forces. The government must check the in-ordinate price hike. The shelter is a basic need of the common man and to ease the provision of shelter cement prices have to be brought down. CHARACTERISTICS OF THE INDUSTRY The cement produced in Pakistan by different manufacturers is virtually of the same quality and standard, that is why consumers do not perceive any quality difference in the cement produced by different manufacturers therefore, the market for cement is oligopolistic. In oligopolistic competition the market consists of few sellers who are highly sensitive to each others pricing and marketing strategies. Each seller is alert to the competitors strategies and moves. If one company slashes its price by say 10 buyers will quickly switch to this manufacturer and the other manufacturers will respond by lowering their prices. In contrast if one oligopolist raises its price, the competitors might not follow this lead and the oligopolist then would have to retract its price increase or risk losing customers to the competitors. But the cement manufacturers have formed a cartel APCMA and have set monopolistic prices. This is evident from the fact that all manufacturers sell at almost the same price even though they use different processes, have different technologies and different transportation cost. In Pakistan all cement manufacturing companies adhere to the British Specification 12. The product of each company is virtually same in terms of quality and price. The only role that advertising play in this situation is that, it reminds the customers of the presence of the company in the market. The cement industry is characterized by the need of an elaborate distribution system. The role of distribution becomes more important when one area of a country is deficient in the production of a product while the other is producing the same product in excess of the demand. The presence of the product in the market is what makes or breaks a company. This is true for both export market and the local market Before privatization the cement industry was highly regulated. Under the control of SCCP the prices were kept to an artificially low level. However after privatization, the SCCP lost control over the prices of the cement, however the industry is subject to the policies of the MCA and ECC. The industry is capital intensive and is defined as one that makes use of the latest technology to deliver quality product to the customer. Consideration needs to be given to this factor when making capital budgeting decisions to arrive at the appropriate amount of capital that needs to be invested in acquiring plant and equipment. This has a direct correlation with the type of the technology that the firm wishes to use. To remain competitive in the market, the players need to follow the highest standards of the technology, but acquiring new technology and replacing the older one with the newer is very expensive and most of the time unfeasible. Any major technological change can cause the entire plant to become obsolete. As such there is no major technological changes affecting the cement industry in the near future. The industry is highly exposed to the change in energy prices because energy (fuel amp power) comprises around 40-45 of the total cost of production. Sensitivity analysis shows that a 5 increase in furnace oil prices results in a 1 decrease in the gross profit margin. Some companies that use wet process are highly exposed to change in the energy prices as the wet process consumes 50 more energy than the dry process. In the international market Pakistani cement industry is exposed to the dumping by the Chinese manufacturers. The effect of exchange rate on the cement industry is quite complex. On one hand, weakening of Pakistani Rupee makes the Pakistani exporters more competitive in the international market and on the other hand the cost of manufacturing increases because the cement has a high forex component in the form of energy, capital and transportation. The size of population and the population growth rate besides the consumption habits of the customers have a great impact on any industry. The per capita consumption of cement in Pakistan is around 71 kg against the international standard of 100 kg. It means that there is a potential of increase in the consumption of cement in future. Pakistan has one of the highest population growth rates in the world, which is around 3. It means that in future the increase in the housing needs will increase the demand for cement. PROBLEMS AND ISSUES The cement sector contributes Rs. 15-20 billion per annum to the National Exchequer. The taxation policy should have ensured lower prices since cement is an essential commodity for the development of an economy. The industry in Pakistan is paying Rs. 90 per bag as excise duty as compared to Indian producers who pay only Rs. 17.50 per bag. If the excise duty rates are revised to Rs. 300 per tonne then the price owf domestic cement can be reduced to as low as Rs. 160 per bag. Inordinate and frequent increases in taxes create a dilemma for local cement manufacturers since they have to appreciate their prices every now and then, adding to the lack of stability in the form of fluctuating prices. This has led to a reduction in the demand for cement. The rates of excise duty have been escalating at the tremendous rate of 350 in the last 10 years and 200 in the previous 5 years. This is the reason per capita consumption of cement in Pakistan is as low as 71 kg. Import of machinery for expansion was exempt from duties until 1995 after which 10 regulatory duty was imposed on all imported goods. This led to arise in the capital cost of new plants and on-going projects. Apart from excise duty the sector adds to the state revenue in the form of: Provincial royalties on limestone, gypsum etc. Import duties on spares and parts Octroi on all items purchased Excise duty on all raw materials The rapid escalation in excise duties has transformed the sector to a loss making industry from one that was earning around 35 profit margin previously. The proposal now is to charge the levy as a combination of excise, sales tax with adjustment margins for the same taxes paid on oil, power and materials. In lieu of this recommendation the government has reduced the excise duty to Rs. 1400 per tonne as compared to the past trend of a fixed 40 of retail price. Exports too are being affected by fickle state policies. Low duty drawback of only Rs. 600 per tonne reduces the level of exports. The reduction in excise duties should help local producers lower and maintain their prices at around Rs. 200 per bag. Under the principles of taxation only those commodities should be subjected to high rates, the consumption of which is intended to be restricted and discouraged such as cigarettes and alcoholic drinks. On the contrary cement is a basic commodity which has the potential to promote development efforts and therefore its availability in the market at a reasonable price should be ensured. Since 1995 the cement sector has been in trouble. In 1993-94 the sectors profits were well above Rs. 2 billion but they reduced to half the amount in the following year. Companies in this industry, from 1995-96, were incurring losses onwards. On top of this the overall market capitalization witnessed a severe decline from Rs. 62 billion in 1994 to Rs. 3.486 billion in 1998. The following table shows the actual and forecasted profits in the 2 regional divisions of the cement sector Most cement companies are incurring heavy losses due to the fact that the retail price after excise and other taxes leaves an amount not even able to cover their production costs much less give them space for profit margins. 4 public limited companies were forced to close down since their losses had reached a level they were unable to account for. The losses suffered by some of the companies in the 6 months ended December 1998 are as follows: Operating Losses(in millions) for 6 months December 1998 The financial crisis in the industry has led to a severe liquidity crunch in this sector. The debt burden comprises of 300 million owed to international agencies and around Rs. 20 billion debt is outstanding in relation to the local banks and DFIs. Financial charges have been on the rise ever since 1992 when they amounted to only Rs. 428 million, while in 1998 the same amount had risen to Rs. 1595 million. Cement manufacturers are in a fix as to what to do to remedy the situation. One option available to them is liquidation and 4 of the companies had to eventually resort to this. Fauji Cement, D. G.Khan Cement, Pioneer and AC Wah are nearing a default situation on their debt servicing on loans obtained from foreign institutions such as International Finance Corp. and Commonwealth Development Corp. total credit liabilities of the sector towards local banks is to the tune of Rs. 23.881 billion. Details are as follows: Companies have been unable to pay interest due on loans, owe payment to utility companies like WAPDA and KESC. Depletion of stocks of furnace oil and paper bags for packaging and defaults in payments to suppliers adds to their burden bringing them nearer to the edge. Late payment of bills will lead to an additional loss in the form of 10 surcharge. Suppliers on the other hand will demand immediate payment with the due penalties to avoid a complete default by the manufacturers. Low stocks of paper bags will delay dispatches of orders and tarnish the goodwill developed with the consumers. The cement industry is a capital-intensive industry with heavy reliance on the engineering sector of the economy. In addition to this, the manufacturers depend on technology, which is usually imported when setting up a new plant or considering expansion. So far European and American plants are being set up in the country. The cost of a 2000-tonnes per day plant lies within the range of Rs. 3.5-4 billion and for a 3000-tonnes per day plant the capital cost is approximately Rs. 5.5-6 billion. This large capital outlay is increasing financial charges. 70 of the plants in Pakistan have been supplied by a Danish firm named FL Smidth. Japan and Germany have sold only 2 plants here. The situation now is such that FLS is now a price - making monopolist who is causing a steady upward trend in the price of its plants. All the new 15 plants being set up have been sold to us by FLS except those of Saadi Cement and Kaiser Cement. Due to persistent devaluation plants which cost Rs.35-80 million in 1993 are now in the range of Rs. 3-6 billion. This hinders expansion plans and adoption of latest technology by the new and existing plants. CAPITAL COST COMPARISON OF NEW PROJECTS With the costs of FLS plants on the rise, a few plants have been bought from the Chinese who have adopted this technology via franchise but are offering lower prices as compared to their Western competitors. The drawback is that they are offering only very small capacity plants such as those producing 300-2000 tonnes per day. The cement industry continues to operate under pressure of inconsistent Government policies announced from time to time. These briefly are: Capacity taxation was abolished from August 1993 which took away special incentives for increased production which, in turn could have revived the industry in the larger national interest. The taxes and duties on inputs have consistently been increased. The system of charging excise duty is extremely unfair as cement being voluminous product, freight and allied charges vary widely from place to place. The price of furnace oil, a major cost component of cement manufacture, has increased sharply. Just now it has increased to Rs. 8800 per tonne. Import of machinery for expansion project was a exempt from import duties and sales tax which expired on June 30, 1995 and additional duties have been imposed on imported goods. This has increased the capital cost of the on-going projects in addition to the effect of devaluation of the Pak Rupee. Since consumption of cement in southern region has gone down and northern region has attained self-sufficiency, units located in southern region are forced to cut down their capacity utilization. The possibility of cement export is the proverbial silver lining for the recession-torn industry. While there are cement deficient countries like Sri Lanka and Bangladesh importing approximately 2 million tonnes per annum each, there is tough competition from India and Chinese suppliers. In fact, apart from the prices offered by Pakistani manufacturers, lack of facilities for handling bulk export of cement has become a major impediment. Where bulk handling is cheaper than handling bagged cement. Export of cement is necessary for the existence and survival of the industry rather than a source of profit. Dumping by Chinese manufacturers, lack of incentives, high costs of production and freight charges have made the cement export unviable. In the recent development, there has been a radical change in the political scenario of Afghanistan. The war-ravaged country is a prime target for the northern producers to sell their cement. This possibility is still remote until the situation settles. According to an IRS all countries except Bangladesh and Philippines are in a position to export cement and hence pose competition for Pakistan. Yemen is another potential destination but there too government subsidized cement from Gulf countries will pose serious competitive threat. The export potential available to the Pakistani cement sector can be summarized in the following table: Demand though in the above countries is on the rise, potential is highly jeopardized by the high prices at which local clinkercement is available to these importers. Further more clinkercement is available in these countries at extremely low prices due to the South Asian crisis and the crash of currencies. On average the CampF prices in these countries have fallen by US 15 per tonne. Pakistan on the other hand is unable to export these products even at variable cost. The price offered by local producers is 80 per tonne, which is much higher than those quoted by other players in the international market. Pakistan though has an excellent opportunity to capture these markets since they offer benefits in the form of geographic proximity, and perceived high quality of Pakistani cement. Presently India and China are reaping the benefits since they are able to offer competitive prices as their costs of production is lower and state subsidies for exports are given to cement producers of these countries. Import requirements of the countries mentioned in the above table are approximated at 17.7 million metric tonnes. Pakistani producers were of the view that they could capture around 30 of this market in 1998-99 and increase their share to 50 in the following year, that is, 1999-2000. By the year 2000 the forex earnings were estimated at US 697 million. In relation to the above scenario the targets set by our local producers are as follows: Import Demand(000 tonnes) Total Export (millionUS) Apart from non-competitive prices domestic cement manufacturers face problems in the form: Inadequate port facilities Present export rebate of 12.5 of FOB i. e. Rs. 300 and Rs. 270 per tonne for cement and clinker respectively is very high Clinkercement are not Non-Traditional Exports and therefore denied extra 50 rebate Export of cement allowed only via sea which eliminates cheaper road transport through Afghanistan and into Central Asia Lack of sufficient duty and surcharge drawbacks. Reimbursement of these duties to the exporter should be made. Chinese dumping and high freight charges also act as a disincentive for local exporters. For instance freight charges from Pakistan to Dhaka are around 17 per tonne, whereas it costs the Chinese only 12 per tonne to the same destination. Rupee devaluation poses another problem for exporters in the form of changing fuel and furnace oil prices and thus increasing costs. A 5 increase in furnace oil prices leads to a 1- fall in gross margins for exporting companies. The countrys cement manufacturers can gain a strong foothold in the foreign market by competing on prices because brand image and value are not of prime consideration for cement in the international arena. Proposals offered to remedy this situation are duty drawbacks, refunding of development surcharge and freight subsidies to the tune of 180 million. Pakistani cement can attract buyers only if it offers a combination of superior quality with competitive prices. Also fast action is needed to tap the vast potential available for foreign market development for the cement sector to regain its balance and revert to its former status as a well performing industry. At the current point cement manufacturers and the government have to take concrete steps even to keep units in production. On the input side, necessary steps are required to contain the energy cost. The following are the general recommendations that would help to improve the situation of the cement industry The liberalization policy Pakistan is so eager to adopt will work both for and against the local industries. Unrestricted trade will allow free entry of low priced cement into the country and reduce existing market shares of all domestic players. Growing emphasis on low prices may reduce the qualitative aspect of production and give way to inferior products. Companies have to maintain quality standards and at the same time try and reduce costs via economies of scale. Too much expansion by a few players will lead to the development of a monopolistic environment in the sector. At present the industry is oligopolistic in market structure with a few sellers in the market who compete on the basis of price and technology and resort to means to increase their relative shares in the market. The wet process technology is outdated and all manufacturers using this method will stay far behind if they do not take measures to improve and update their production facilities. Focus in the future will be on cost competitiveness and product differentiation so that producers of cement can enhance margins and increase earnings by capturing a wider market base. Players specializing in different varieties can develop to various market segments and increase customer base. SUGGESTED FOR YOU Careers Ravi Magazine Do you have an interest in India Pakistani Culture, Arts, Literature, Poetry, Events, Politics, News, Food more Click here for Open Positions at Ravi Magazine Freelance writers can drop us an email at EDITORRAVIMAGAZINE with specimen of writing or any area of interest. For quality writers, we pay for contributions. Most Popular Best of Sufi Music from India 038 Pakistan From Qawwali of Nusrat and Rahat Fateh Ali Khan to Arfana Kalam of Abida Parveen . or Punjabi Kafi by Hans Raj Hans to Sufiana Music of A. R.Rahman . visit thesufi for the Largest Collection of Sufi Music, featuring 1500 MP3 tracks.

Comments